Rabu, 18 Juli 2012

BERJALAN MENUJU LANGIT

Prof. Dr. Ahmad Tafsir

 

Cetakan I, 2012
ISBN : 979-3782-86-7
15X 21 cm, 104 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 30.000



Dalam kehidupan, terdapat banyak jalan yang bisa dipilih: ada jalan buatan manusia (jalan sekuler) dan ada jalan buatan Tuhan (Jalan agama). Namun hanya ada satu jalan yang harus dipilih, yaitu jalan yang lurus (Jalan Tuhan). Untuk menempuh jalan itu, tidak mudah. Akan banyak kesulitan yang kita jumpai. Para sufi mengatakan bahwa kesulitan itu timbul dari diri kita sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi kesulitan itu?

Para guru mengatakan, caranya adalah dengan mengalahkan nafs al-hawa. Istilah paling popular ialah tazkiyat al-nafs (membersihkan diri). Jika nafs sudah bersih, kita telah sampai ke langit. Karena itu, untuk menjelaskan konsep tazkiyat al-nafs, para sufi sering menggunakan istilah “berjalan menuju Tuhan, kadang-kadang menggunakan juga istilah “perjalanan rohani”.

Berjalan menuju Tuhan atau naik ke langit atau melakukan perjalanan rohani akan lebih mudah bila kita berjalan bersama Tuhan. Namun, kita tidak dapat secara langsung berjalan bersama Tuhan. Namun kita tidak dapat secara langsng berjalan bersama Tuhan. Yang dapat kitalakukan  ialah berjalan meeuju tuhan bersama orang yamg telah melalui jalan itu.

Buku kecil ini menjelaskan tarekat (jalan) penyujcian diri melalui rukun islam  sebagai maqam (stages) menuju Tuhan. Biasanya orang-orang yang menempuh jalan rohani memerlukan guru. Namun, buku ini dapat diamalkan tanpa guru karena dilengkapi dengan latihan-latihan yang dapat dilakukan agar mampu menerima dan menikmati kehadiran Tuhan.

Untuk Informasi dan Pemesanan buku bisa kontak ke Simbiosa Rekatama Media

Tidak ada komentar: